Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Hadiyanto Meresmikan Layanan Contact Center SALAM PIP

Jakarta, Umi.idBadan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU-PIP) Kementerian Keuangan bertugas mengkoordinasikan dana untuk pembiayaan Ultra Mikro (UMi) ini memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat debitur UMi selaku penerima manfaat, calon penerima manfaat, Lembaga Keuangan Bukan Bank sebagai penyalur, mitra kerjasama, Pemerintah Daerah, NGO dan stakeholder lainnya. Salah satu yang menjadi wujud keberhasilan pelayanan publik bagi BLU-PIP adalah penyediaan informasi yang lengkap dan berkualitas terkait program pembiayaan UMi dan tugas dari BLU PIP.

Setelah fokus dalam penguatan sistem internal untuk mendukung percepatan penyaluran pembiayaan UMi, pada tahun 2020, BLU-PIP mulai membuka diri dengan meningkatkan publikasi secara intens mengenai program pemerintah ini. Perkenalan tentang produk dan manfaat yang dapat diterima masyararakat dilakukan secara massif melalui sosial media dan media massa. Terlebih pada tahun 2020 adalah awal terjadinya pandemi COVID-19 yang menyerang hampir seluruh sektor perekonomian, tidak terkecuali UMKM.

Melihat hal tersebut, BLU-PIP berupaya untuk mengoptimalkan kanal publikasi yang dimiliki, termasuk Instagram dan website resmi instansi dilakukan untuk mendukung pelayanan keterbukaan informasi kepada publik. Respon yang didapatkan pun positif, hal ini terlihat dari banyaknya pelaku usaha ultra mikro yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai UMi dan cara untuk mendapatkannya melalui kolom komentar Instagram Pusat Investasi Pemerintah.

Namun demikian, BLU-PIP menyadari kekurangan kanal komunikasi yang tepat dalam memberikan solusi cepat bagi masyarakat, penerima manfaat dan stakeholder terkait. Sebuah hal yang tidak bisa dilakukan dengan cepat, tepat dan terukur melalui kanal komunikasi yang dimiliki saat ini.

Direktur Utama PIP, Ririn Kadariyah Menyampaikan Opening Speech

Melihat kekurangan tersebut, BLU-PIP menghadirkan layanan contact center SALAM PIP yang dapat menerima pertanyaan, usulan, pengaduan, dan keluhan terkait dengan pembiayaan UMi melalui alamat portal salam-pip.kemenkeu.go.id. Sebuah kanal komunikasi yang dapat memberikan solusi cepat, tepat, dan terukur bagi masyarakat. 

SALAM PIP yang memiliki slogan “Hadir Melayani Bersama PIP untuk UMi yang Lebih Baik” ini dibangun melalui kerjasama Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan (SITP) menjadi solusi terdepan untuk memberikan pelayanan publik bagi BLU-PIP. Pengalaman Direktorat SITP Ditjen Perbendaharaan dalam mengelola HAI-DJPb, sebuah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Kementerian Keuangan yang telah mendapatkan banyak penghargaan, memberikan harapan ke depan SALAM PIP juga akan memberikan pelayanan berkualitas serupa kepada masyarakat.   

Sehubungan dengan kebutuhan dan pencapaian infrastruktur pelayanan publik yang harus dimiliki oleh BLU-PIP dan secepatnya dapat digunakan oleh masyarakat, maka perlu dilakukan “Grand Launching Layanan Contact Center SALAM PIP” oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan, Hadiyanto yang dilaksanakan pada Kamis, 17 Juni 2021 secara daring.  

“Saya mengapresiasi inisiatif BLU-PIP dalam membangun contact center SALAM PIP. Jika sebelumnya pertanyaan, usulan, dan pengaduan mengenai pembiayaan UMi disampaikan melalui HAI DJPb dan baru kemudian diteruskan ke BLU-PIP melalui Direktorat Sistem Manajemen Investasi, maka dengan adanya SALAM PIP diharapkan respon terhadap kebutuhan informasi dari masyarakat dan para pemangku kepentingan bisa dipenuhi dengan lebih cepat karena langsung dilakukan oleh BLU PIP,” papar Hadiyanto dalam sambutannya.

Setelah acara grand launching selesai, layanan contact center SALAM PIP resmi dapat langsung digunakan oleh masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait dengan BLU-PIP dan pembiayaan UMi dengan membuat tiket melalui alamat portal salam-pip.kemenkeu.go.id.    

“BLU-PIP juga telah memasukkan Salam PIP sebagai salah satu program kerja dalam Indikator Kinerja Utama terkait inovasi layanan yang sejalan dengan filosofi BLU untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah, Ririn Kadariyah pada kesempatan yang sama.

Adapun peserta yang hadir pada grand launching SALAM PIP kurang lebih sebanyak 100 orang. Terdiri atas Penyalur Pembiayaan UMi, yaitu Penyalur Utama (PT PNM, PT Pegadaian dan PT BAV) dan Penyalur Linkage (45 koperasi dan Lembaga Keuangan Mikro) ; Pemangku Kepentingan, yaitu Dewan Pengawas PIP dan Ditjen Perbendaharaan yang terdiri dari Sekretariat, Dit SMI, Dit PPKBLU serta Kanwil DJPb ; Kementerian/Lembaga Mitra Kerjasama Program Pembiayaan UMi, yaitu Bappenas, Kementerian Pertanian, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Sosial, Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Maritim dan Investasi, serta Bank Indonesia ; Pemerintah Daerah, yaitu Konawe Selatan, Bone Bolango, Lombok Utara, Tanah Laut, Kulonprogo, dan Daerah Istimewa Yogyakarta ; Mitra Strategis, yaitu Himbara, KNEKS, BLU BAKTI, BLU PPDPP.  

Acara berikutnya dilanjutkan dengan Webinar “Inovasi Layanan Publik Bagi UMKM” dengan mengundang tiga narasumber kompeten dibidangnya. Mereka adalah Direktur SMI Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan, Ludiro ; Bupati Bone Bolango, Hamim Pou ; dan Kepala Usaha Kecil Menengah Center (UKMC) FEB-UI, T.M. Zakir Machmud.

Penulis : Kalika (www.umi.id)